Kamis, 15 Oktober 2020

Mau Beli Laptop Bekas? Baca Tips Ini Supaya Tidak Salah Beli Barang Bekas

Laptop adalah produk teknologi yang saat ini banyak dibutuhkan orang untuk menunjang aktifitas baik bekerja, kuliah atau sekolah, bermain, dan sebagainya. Karena perkembangan teknologi digital semakin pesat, maka untuk menunjang perkembangan tersebut laptop merupakan salah satu teknologi yang sering digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas digital. Poker Deposit Pulsa

Tentu untuk membeli laptop juga harus diperhatikan karena masing-masing laptp dibuat untuk kebutuhan tertentu. Sehingga Anda juga harus menyesuaikan laptop dengan kebutuhan Anda. Berikut anugrahpratama.com memberikan tips saat membeli laptop yang bisa Anda pelajari sebelum membeli laptop.

Prosesor laptop

Saat membeli laptop baru, pertama yang harus Anda perhatikan adalah prosesor laptop. Perlu Anda ketahui bahwa di tahun 2020 pasaran laptop minimal menggunakan prosesor intel celeron. Ini adalah prosesor terendah yang terpasang di laptop yang dijual di pasaran. Selain itu masih ada prosesor dari intel yang bisa Anda gunakan yaitu Interl core i3, intel core i5, intel core i7, dan intel core i9.

Selain prosesor dari intel, prosesor AMD juga bisa menjadi pilihan untuk laptop yang Anda gunakan. Secara umum laptop dengan prosesor AMD memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan proseor Intel, namun secara kemampuan dan performa juga hampir sama.

Untuk prosesor ini pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika hanya untuk aktifitas mengetik atau menjalankan microsoft office, Anda tidak memerlukan laptop dengan prosesor yang tinggi.

Semakin tinggi prosesor maka semakin mahal juga harganya. Jadi usahakan jika membeli laptop sesuai dengan kebutuhan dan anggaran keuangan Anda. Jangan sampai menggunakan laptop dengan prosesor tinggi, jika tidak seberapa diperlukan.

Ukuran laptop

Produsen laptop biasanya membuat laptop sesuai dengan fungsi atau kegunaannya. Biasanya laptop yang digunakan untuk aktifitas mobile memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 12,5 inci hingga 13 inci. Kebanyakan untuk laptop yang banyak digunakan aktifitas mobile ini memiliki spesifikasi yang kecil. Hal ini karena ukuran kecil juga mempengaruhi komponen yang digunakan tidak mendukung aktitiftas berat seperti gaming atau desain.

Jika Anda membutuhkan laptop untuk keperluan game, desain, atau juga video editing maka Anda bisa memilih laptop yang lebih besar yang secara otomatis juga akan lebih berat dan sulit untuk dibawa kemana-mana untuk aktifitas mobile.

Penyimpanan Data

Selain ukuran laptop, penyimpanan data juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Saat ini tidak hanya kapasitas besar saja yang perlu diperhatikan, tapi juga kecepatan transfer data juga penting. Saat ini laptop dengan kapasitas HDD 1 TB (tera bit) sudah banyak bereda dipasaran. Dengan kapasitas besar ini Anda bisa menyimpan data yang banyak juga di laptop.

Dengan hadirnya teknologi penyimpanan SSD (Solid state drive) yang 10 kali lebih cepat dengan HDD (Hard Disk Drive). Karena faktor kecepatan membuat SSD lebih mahal dibandingkan dengan HDD. Umumnya meski kapasitas SSD lebih kecil, namun harganya lebih mahal dari pada HDD.

Random Access Memory (RAM)

RAM yang tertanam di laptop akan mempengaruhi kecepatan laptop yang Anda gunakan. Semakin besar kapasitas RAM maka, semakin cepat juga laptop Anda. Saat ini RAM laptop minimal yang banyak beredar adalah 4 GB. Dengan RAM 4 GB ini cukup untuk menjalankan aktifitas standar untuk laptop Anda.

Selain RAM bawaan laptop, biasanya produsen laptop juga menyediakan slot untuk menambah RAM jika membutuhkan RAM yang lebih besar. Perlu Anda perhatikan juga, ada laptop yang menggunakan RAM bawaan yang sifatnya tertanam permanen di laptop tersebut. Saat RAM permanen tertanam di laptop ini, maka tidak bisa dipindah atau digantikan dengan RAM lain yang lebih besar.

Daya baterai

Biasanya daya baterai laptop yang ditampilan di katalog atau promosi laptop adalah baterai laptop saat tidak digunakan atau dalam kondisi stand by. Misalnya tertulis baterai bisa bertahan hingga 10 jam, ini merupakan kondisi baterai saat laptop standby tanpa digunakan.

Perlu Anda ketahui bahwa cepat habis atau tidaknya baterai laptop tergantung pada seberapa berat aktifitas laptop Anda. Jika laptop digunakan untuk performa yang tinggi seperti gaming dan desain, maka bisa dipastikan baterai akan cepat habis.

Untuk membeli laptop, Anda bisa memastikan juga baterainya. Kondisi baterai akan berpengaruh saat laptop Anda gunakan untuk aktifitas mobile. Jika baterai cepat habis, maka tidak ada bedanya dengan desktop PC yang perlu untuk selalu terhubung dengan listrik.

Demikian tips membeli laptop dari anugrahpratama.com yang bisa dibagikan ke Anda. Poker Deposit Pulsa Jadi sekali lagi, sebelum membeli laptop usahakan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.(AS)

0 comments: