Sabtu, 12 Januari 2019

Manfaat Baik Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Alasan untuk banyak mengonsumsi makanan berserat kini semakin bertambah. Penelitian terbaru menunjukkan orang yang mengonsumsi makanan tinggi serat memiliki risiko kematian dan menderita penyakit kronis seperti stroke atau kanker yang lebih rendah. Makanan tinggi serat itu meliputi sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat nabati seperti sereal gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Situs qq Online


Penelitian anyar ini menunjukkan bahwa asupan serat yang tinggi menyebabkan berkurangnya risiko yang mengancam penyakit seperti jantung, diabetes tipe 2, dan kanker kolorektal. Serat yang tinggi juga mampu mengurangi berat badan, kolesterol total, dan angka kematian. Hasil yang sama juga didapat dengan meningkatkan asupan gandum.


Penelitian yang baru saja dipublikasikan di jurnal The Lancet ini menganalisis lebih dari 180 studi observasi dan 50 uji klinis selama empat dekade terakhir. Situs qq Online Manfaat kesehatan dari serat makanan tampak lebih besar dari yang kita duga sebelumnya," kata peneliti Jim Mann. yang merupakan profesor nutrisi manusia dan kedokteran di University of Otago, Selandia Baru.


Analisis ini menemukan orang yang mengonsumsi serat lebih banyak dalam makanan mereka memiliki risiko kematian dan penyakit kronis lebih rendah sebesar 15-30 persen. Makanan kaya serat dikaitkan dengan penurunan risiko stroke sebesar 22 persen, risiko diabetes tipe 2 dan kanker kolorektal 16 persen, dan penyakit jantung koroner 30 persen.


Penelitian ini menemukan, kebanyakan orang di dunia mengonsumsi 20 gram per hari. Jumlah ini masih dianggap kurang. Situs qq Online Studi ini merekomendasikan untuk mengonsumsi 25-29 gram serat setiap harinya. Jumlah serat yang lebih tinggi tentunya akan lebih bermanfaat.


Analisis ini tidak menemukan bahaya saat mengonsumsi serat. Namun, perlu dicatat, bagi orang-orang yang kekurangan zat besi, kadar biji-bijian yang tinggi dapat mengurangi kadar zat besi dalam tubuh. Maka dari itu, jika anda ingin mendapat umur panjang dengan tubuh sehat jasmani, maka sebaiknya anda memilih makanan yang baik seperti makanan serat.
(AS)

0 comments: