Rabu, 28 November 2018

Tips Cara Sederhana Memanaskan Mesin Motor Agar Terhindar Dari Kerusakan Mesin Dan kenalpot

Bagi Kalian Yang Sering Beraktivitas Mengendarai Motor, Sebaiknya Lebih Waspada Ketika Memanaskan Mesin Motor Kalian? Agen Bola Terpercaya


Aktivitas memanaskan sepeda motor sebelum digunakan memang sangat perlu dilakukan untuk menjamin oli melumasi semua bagian dalam mesin, tujuan ini dilakukan supaya ketika mengendarai motor tidak mendapat kendala pada motor kalian ketika beraktivitas diluaran. Meski begitu sebenarnya aktivitas memanaskan motor ini sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu yang terlalu lama juga.



Hal ini dikarenakan berbeda dengan motor yang masih menggunakan karburator, pada motor keluaran terbaru, menekan tombol start satu kali sudah cukup untuk mengalirkan oli ke seluruh bagian mesin, itulah yang disebabkan tidak diharuskan kalian untuk memanaskan mesin motor terlalu lama – lama, karena tidak bagus juga dampak dan efeknya terhadap mesin motor keluaran baru yang sekarng ini.



Meski begitu pada motor yang masih menggunakan karburator pun sebenarnya juga tidak disarankan untuk memanaskan mesin terlalu lama – lama, karena akan terkena efek mesin motor menjadi tidak sehat. Bagi kalian pemilik sepeda motor sebaiknya memaksimalkan penggunaan choke, sehingga ketika motor sudah menyala dan oli sudah mengalir, proses pemanasan mesin pun juga hanya perlu waktu singkat, kurang dari lima menit.



Jika mengabaikan hal ini dan pemilik sepeda motor masih sering memanaskan motornya terlalu lama, dampak paling mudahnya akan terlihat pada komponen kendaraan seperti leher knalpot. Agen Bola Terpercaya Selain itu, motor yang dipanaskan terlalu lama, bohlam pada lampu utama motor juga bisa terlalu panas karena tidak ada sirkulasi udara yang masuk, dan yang paling fatal bisa membuat mika lampunya meleleh.


Selain itu pada motor yang masih terdapat kick starter alias engkol, banyak pemilik kendaraan yang biasanya mengengkol kendaraannya ketika kunci kontak belum ‘on’ tujuan ini di lakukan untuk membantu sirkulasi bensinnya. Ini boleh saja dilakukan, jika memang motor sulit dihidupkan, tapi tidak boleh terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan knalpot motor ‘menembak’, hal ini bisa terjadi karena ketika diengkol ada bensin yang tersalurkan, namun tidak terbakar, jadi ketika menyala, bensin yang terkumpul terbakar semua jadinya knalpot nembak.


Itulah beberapa tips yang harus kalian ketahui jika ingin memanaskan motor kalian, supaya kalian  nyaman dan aman pada saat mengendarai motor kalian sendiri.
(AS)


0 comments: